Oksigen terlarut dan kejenuhan oksigen

Oksigen terlarut merupakan suatu faktor yang sangat penting di dalam ekosistem air, terutama sekali di butuhkan untuk proses respirasi bagi sebagian besar organisma air. Umumnya kelarutan oksigen dalam air sangat terbatas.

sumber utama oksigen terlarut dalam air adalah penyerapan oksigen dari udara melalui kontak antara permukaan air dengan udara dan dari proses fotosintesis. Selanjutnya air kehilangan oksigen melalui pelepasan dari permukaan ke atmosfer dan melalui kegiatan respirasi dari semua organisme air.

pengaruh oksigen terlarut terhadap fisiologis organisme air terutama adalah dalam proses respirasi. Berbeda dengan faktor temperatur yang mempunyai pengaruh yang merata terhadap fisiologis semua organisme air, konsentrasi oksigen terlarut dalam air hanya berpengaruh secara nyata terhadap organisme air yang memang mutlak membutuhkan oksigen terlarut untuk respirasinya.

ada berbagai jenis organisme air yang tidak tergantung kepada kelarutan oksigen dalam air seperti pupa dan larva yang akan bergerak ke permukaan air untuk mendapatkan oksigen dari atmosfer. Spesis ini mempunyai sistem trakhea terbuka seperti umumnya terdapat pada insekta terestrial, selanjutnya oksigen dari atmosfer akan diserap melalui stigma yang terbuka.

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete