resiko menjadi blog nomer satu

Para sobat blogger, apakah blog Anda ingin menjadi nomer satu di mesin pencari Google? Setiap kali pengunjung mengetik kata kunci tertentu blog Anda selalu diurutan pertama di hasil pencarian Google, hebat bukan? Mungkin dengan membaca atikel ini Anda akan berpikir ulang untuk menjadi blog nomer satu.


Saya prihatin dengan kondisi perbloggeran di Indonesia ini, kenapa? Karena masih banyak blogger yang belum bisa memposting blog atau menggunakan blog dengan sehat. Masih ada orang-orang tertentu yang tidak suka melihat orang lain berhasil atau sukses atau bersaing sehat. Maka dari itu muncullah copy paste atau Copas artikel blog hasil karya orang lain, blog-blog berbau pornografi, meng-heck blog orang lain, dan masih banyak lagi.

Maka dari itu kalau blog kita bisa menjadi nomer satu blog kita akan:
1. Banyak dicuri orang, atau di copy-Paste, tanpa izin pernulisnya. Okelah kalau untuk di print atau hanya dibaca, tapi kalau sampai di posting ulang, persis seperti aslinya dan diakui sebagai tulisannya, itu baru namanya pencurian.

2. Banyak pengunjug blog yang akan bertanya kepada Anda, sehari bisa 20 lebih pertanyaan. Kalau Anda tidak menjawab semua pertanyaan itu bisa-bisa Anda dianggap blogger yang pelit, atau blogger yang tidak mau berbagi. Maka kalau Anda tidak siap untuk hal ini, lebih baik tidak usah menjadi nomer satu.

3. Blog Anda akan menjadi ladang heck, yaitu hecker memasukkan script-script yang berupa link-link ke blog Anda untuk menaikkan trafik situs atau blog yang melakukan heck. Masih ingat haryantoblog di heck. Dari luar memang tidak kelihatan blog kita di heck, tapi Anda akan dikejutkan dengan trafik pengunjung blog Anda yang anjlok secara drastis. Google mesin pencari akan membanned blog Anda dan menendang jauh dari urutan hasil pencarian.

Kecuali kalau Anda bisa memprotek blog Anda sehingga para hecker atau para blogger yang suka copy-paste dan posting menyentuh blog Anda.

Harapan saya di ajang pesta blogger 2009 Nanti, masalah-masalah seperti ini perlu di bahas kalau perlu ada peraturan ngeblog. Minimal mencari jalan terbaik demi kepentingan bersama, bukan malah beradu tangan. Kalau dunia perblogkan tidak mulai ditata dan diatur, mungkin citra perbloggan di Indonesia ini akan menjadi buruk.



hack blogger

1 comment: