Intesitas cahaya matahari

Faktro cahaya matahari yang masuk kedalam air akan mempengaruhi sifat-sifat optis dari air. Sebagian cahaya matahari tersebut akan diabsorpsi dan sebagian lagi akan dipantulkan ke luar dari permukaan air. Dengan bertambahnya kedalaman lapisan air intensitas cahaya tersebut mengalami perubahan yang signifikan baik secara kualitatif maupun kuantitatif. cahaya gelombang pendek merupakan yang paling kuat mengalami pembiasan yang menyebabkan kolam air yang jernih akan terlihat berwarna biru dari permukaan.

Pada lapisan dasar, warna iar akan berubah menjadi hijau kekuning-kuningan karena intensitas dari warna ini paling baik ditransmisi dalam air sampai kelapisan dasar. Kondisi optik dalam air selain dipengaruhi oleh intensitas cahaya matahari juga dipengaruhi oleh berbagai substrat dan benda lain yang terdapat di dalam air, misalnya oleh plankton dan humin yang terlarut dalam air.

vegetasi yang ada di sepanjang aliran air juga dapat mempengaruhi intensitas cahay yang masuk ke dalam air karena tumbuhan-tumbuhan tersebut juga mempunyai kemampuan untuk mengabsorpsi cahaya matahari. Efek ini terutama akan terlihat pada daerah-daerah hulu yang aliran ainya umumnya masih kecil dan sempit

No comments:

Post a Comment