Sifat anomali air

Salah satu sifat air yang penting terutama bila dikaitkan dengan fungsinya sebagai habitat organisme air adalah bahwa air pada temperatur 4⁰C akan mempunyai kerapatan maksimum atau dapat juga disebut mempunyai bobot paling maksimum. Pada temperatur lebih rendah dari 4⁰C, bobot air semakin ringan, demikian juga apabila temperatur air lebih besar dari 4⁰C, bobotnya akan semakin ringan.

sifat ini disebut sebagai sifat anomali air dan ternyata air dan ternyata mempunyai arti yang sangat penting bagi kehidupan organisme air.

dalam suatu ekosistem danau di daerah yang beriklim yang ssedang akan terjadi pross pembekuan air permukaan pada saaat musim dingin tiba, akibat dari temperatur udara yang sangat rendah. hal ini akan menyebabkan tertutupnya lapisan permukaan danau oleh salju dan lapisan es yang keras, sementara pada lapisan air yang lebih dalam umumnya mempunyai temperatur yang lebih tinggi (mendekati nilai sebesar 4⁰C) dibandingkan dengan temperatru permukaan, sehingga tidak mengalami pembekuan. dengan demikian organisme air dapat bertahan hidup didalamnya. Keadaan ini dapat terjadi akibat dari sifat anomali air yang sudah disebutkan di atas.

No comments:

Post a Comment