Arus air

arus air adalah faktor yang mempunyai peranan yang sangat penting baik pada perairan lotik maupun pada perairan lentik. Hal ini berhubungan dengan penyebaran organisme, gas-gas terlarut dan mineral yang terdapat di dalam air. kecepatan aliran air ini akan bervariasi secara vertikal. Arus air pada perairan lotik umumnya bersifat turbulen yaitu arus air yang bergerak kesegala arah sehingga air akan terdistribusi ke seluruh bagian dari perairan tersebut. Selain itu di kenal arus laminar yaitu arus air yang bergerak ke satu arah tertentu saja. Arus ini disebut laminar apabila angka Reynolds lebih kecil dari 2300. Angka reynolds dihitung berdasarkan rumus berikut
R=V.d.v-1

R = angka Reynolds
V = kecepatan air (cm/det)
d = Diameter dari aliran air (cm)
v = tahanan kinematik air ( dalam stokes = cm2.det-1)


Pada ekosistem lentik arus di pengaruhi oleh kekuatan angin. semakin kuat tiupan angin akan menyebabkan arus semakinkuat dan semakin dalam mempengaruhi lapisan air.
Arus terutama berfungsi dalam pengangkutan energi panas dan substansi yang tedapat di dalam air. Pada perairan lentik yang umumnya relatif dalam akan terjadi arus vertikal yaitu pergerakan air dari permukaan ke dasar dan sebaliknya.



No comments:

Post a Comment